Belajar Baik

 


Hai, sore ini aku mau ngungkapin "belajar baik itu ternyata ga gampang ya butuh keberanian mental juga" Eh atau akunya yang susah berbuat baik, atau emang belum terbiasa aja. 

Di masa pandemi ini apalagi semenjak PPKM ekonomi semakin sulit, semua membutuhkan dan semua punya kesempatan untuk berbagi. Di medsos banyak postingan yang jadi reminder kalo kita harus peduli loh. Nawar ke pedagang kecil itu bukan minta dikurangi jumlah bayarnya, tapi harusnya kita melebihkan. Nyentuh banget si, dan aku pribadi salut banget sama orang-orang yang mudah berbagi kaya gini dan berbuat baik. 

Berbagi itu ga harus banyak loh dan ga harus nunggu kaya dan banyak duit. Bantu sedikit dan norehin senyum ke orang lain itu bisa nambah kebahagiaan buat diri sendiri juga. 

Beberapa waktu lalu aku diajak cari anak-anak dipinggir jalan sama si doi, sebut saja Iron Mine. Waktu itu aku sama dia ke daerah Kranji, pas banget ketemu dua anak kecil lagi tidur-tiduran disamping gerobaknya. Dia turun dari motor dan langsung lari ke minimarket. "Kamu tunggu sini, " kata Iron Man. Balik-balik dia beli roti, susu n jajanan. Terus dia kasih ke anak itu dan uang yang gak banyak nominalnya. Tapi mungkin cukup buat sarapan besok paginya. 

Nah, jiwa berani berbagi kaya gitu tuh yang kaya masih susah banget tumbuh di aku. Niat ada, tapi suka malu buat ngasihnya. Kadang harus mikir lama dan akhirnya engga jadi. Padahal kebaikan itu kan harus disegerakan yaa. Atau aku lebih suka berbagi via transfer yang aku ga perlu ketemu langsung sama penerima. Tapi, rasanya beda ketika ketemu lngsung dan liat senyum diwajah orang-orang. 

Katanya engga jadi berbuat baik karena takut dilihat orang lain juga termasuk riya'. Nah loh.. Haha. Iya, emang hebat orang yang suka berbagi. Sehat terus yaa orang baik, ingetin yang lain juga supaya sama-sama belajar baik. ☺


Komentar

Postingan Populer