Postingan

My acne story 1 | Perjuangan melawan jerawat dengan low budget

Gambar
Iya, taukan kalo kehadirannya sangat mengganggu aktifitas dan rasa percaya diri. Awal aku jerawatan itu di pertengahan tahun 2016, aku sih ngerasanya setelah aku coba-coba masker spriluna di mix dengan jelly gamat. Sebenernya setau aku dua bahan ini bagus banget buat pengobatan karena jelly gamat sendiri ampuh banget buat regenerasi sel. Tapi ternyata wajah aku gak cocok. Tadinya jerawatku paling satu atau dua, itu juga jerawat rindu kali. Haha. Nah, abis itu aku minum kapsul bersih darah gitu dengan maksud supaya bersih dari jerawat karena kemungkinan banyak darah kotor, pas Oktober 2017 malah tumbuh tuh yang gede-gede menyakitkan, hemm. Selain itu emang tipe wajahku tuh yang berminyak gitu dan waktu aku masih kerja aku jarang cuci muka dulu kalo pulang langsung tepar, apalagi kalo abis lembur berangkat gelap pulang gelap. Jadi tuh minyak dan kotoran numpuk banget di muka. Jorokk banget kan. Sebenarnya itu kesalahan terbesar yang pernah aku lakukan, huh, tobat. Aslinya aku tuh cuek …

Semi politik. Logika ganti presiden- Contoh satire 'ganti dokter'

Gambar
Satire adalah gaya bahasa untuk mengungkapkan sindiran atas suatu kondisi atau seseorang.

Satire ini dibuat untuk menenuhi tugas Jurnalistik
Oleh : Rahmah Khamoon

GANTI DOKTER
Sejak lima tahun terakhir, Santi menderita penyakit. Awalnya penyakit Santi ringan namuu lama kelamaan semakin menjadi. Santi berobat dengan dokter bernama dokter Dodo. Selama lima tahun ini dokter Dodo tidak memberikan obat yang tepat. Sang dokter malah menyarankan makan kepiting sawah, keong sawah dan disuruh sering-sering menawar belanjaan di pasar. Loh apa hubungannya dengan sakit yang diderita Santi?. Semua itu tidak menjadi solusi untuk menyembuhkan Santi yang sakitnya semakin parah.
Sebenarnya dari awal Santi menyadari bahwa dokternya saat ini, dokter Dodo tidak kompeten dalam menangani penyakit apapun. Keraguan Santi semakin menguat ketika ada acara pembukaan klinik besar dikampungnya, Kampung Kurang Makmur, Kecamatan Kurang Sukur. Pembukaan tersebut diawali dengan atraksi pengobatan oleh para dokter. Dokte…

Cara mengurus STNK hilang. Syarat, cara dan biayanya.

Gambar
STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)  adalah surat penting yang harus ada selama kendaraan kita ada. Karena STNK merupakan bukti dan pengesahan kendaraan bermotor. Nah gimana kalo STNK dan SIM hilang? Pasti awalnya panik banget ya, karena kalo kemana-mana gak bawa dua itu bikin jalan gak nyaman dan deg-degan khususnya buat aku yang setiap hari bolak-balik jakarta (gw bukan kang ojek online ya). Walaupun kamu gak pergi kemana-mana tetep STNK itu wajib ada. 
Tanpa panjang kali lebar, aku akan share gimana cara ngurus STNK hilang sesuai pengalamanku minggu kemarin. 
Yang pertama yang aku lakukan adalah mencarinya semaksimal mungkin, kalo tetep gak ketemu, berdo'a semoga cepat dipertemukan (ehmmm) 
Pertama, pergi ke kantor polres untuk buat surat kehilangan STNK dan SIM.
Siapkan persyaratan-persyaratan yang akan dibutuhkan 1. KTP 2. Fotocopy KTP 3.Surat kehilangan dari polres yang sudah kamu buat di polres dan fotocopynya 4. BPKB asli + Fotocopy 5.Kalau BPKB masih di leasing, usahakan minta…

Pendekatan karya sastra remaja untuk menumbuhkan minat baca

Oleh
Rahmah Khamoon

Keberadaan sosial media dewasa ini sangat berpengaruh kepada gaya hidup masyarakat terutama remaja. Remaja masa kini sangat identik dengan smartphone dan hampir 24 jam smartphone berada di tangan. Berbeda sekali dengan kehadiran buku jika dihadapkan ke depan mereka, tidak lebih dari 30 menit buku akan dilepas dan sangat terasa membosankan. Padahal dengan budaya membaca maka akan terbentuk karakter pada diri remaja.
Tidak mudah memang menumbuhkan kebiasaan membaca pada kalangan remaja yang semakin dekat dengan perkembangan teknologi. Padahal teknologi itu sendiri juga menciptakan ruang media baca yang luas. 
Saya rasa sastra adalah salah satu cara mengembalikan minat baca tersebut. Karena sastra merupakan suatu karya bacaan yang dapat memberikan kenikmatan pada rasa estetikanya dan memperkaya wawasan dengan pengetahuan yang di sajikan secara unik sehingga remaja tidak terlalu bosan dan merasa monoton pada suatu bacaan.
Karya sastra yang paling banyak digemari kalang…

Cara membuat keju goreng yang renyah dan enak

Gambar
Sebentar lagi lebaran, pasti kamu banyak kue khas lebaran yang akan menghias meja tamumu. Atau mungkin meja kamarmu? Biar cuma kamu yang menikmatinya? Hehe itu si aku bangeet. Kue apa si yang biasanya selalu ada di moment lebaran idul fitri di rumahmu? Kue nastar, putri salju, kurcok (kurma coklat), khong guan isi rengginang dan masih banyak lagi khususnya kue khas di daerah masing-masing ya. Nah, kalo aku tuh suka banget sama yang namanya keju goreng atau orang bilang telur gabus keju. 

Jadi aku mau share gimana cara ngebuatnya
Bahan yang harus kamu siapkan 1. Tepung tapioka ½ kg 2. Telur 6 butir 3. Keju kraft chedar 100 gr 4. Royco 1-1½ bungkus 5. Margarin atau blueband 1sdm 6. Minyak goreng (butuh banyak)
Caranya 1. Parut keju 2. Masukan semua bahan termasuk keju yang sudah diparut 3. Adon sampai kalis atau sampai bisa dibentuk 4. Giling-giling menggunakan tangan sampai membentuk keju goreng pada umumnya 5. Langsung masukkan ke dalam minyak dingin ( harus ke dalam minyak dingin ya, …

Menurut kamu apa si pentingnya sastra? Isi form di sini

Kuisioner Sastra bagi remaja
Bantu aku ya teman-teman dengan mengisi kuisioner di bawah ini 👇

https://goo.gl/forms/GmxHnE4DiVOrODfE2

Terima kasih atas partisipasinya ❤😊

Memperbaiki hati di bulan suci

Gambar
Bismillah
Alhamdulillah kita dipertemukan kembali di bulan Ramadhan yang penuh dengan maghfirah, berkah, dan rahmat Nya. Mengingat ayat yang mewajibkan kita, umat islam untuk melaksanakan puasa ketika di bulan ramadhan yang berbunyi

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


nah dari ayat di atas disebutkan "agar kamu bertakwa". Takwa itu sendiri mempunyai makna melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Berarti mesti ada bekas dalam diri ini dari Ramadhan yang akan kita lewati. Setelah ramadhan ini kita harus bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 
Teman-teman yang aku cintai, takwa itu letaknya ada di hati. Maka hati kita mesti diperbaiki agar takwa melekat pada jiwa yang sesungguhnya. Bagaimana cara membersihkan hati? Dengan banyak memohon ampunan kepadaNya, memperbanyak amal selagi di bulan Ramadhan yang dimana setiap kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya dari pad…